1. PENDAHULUAN
Di
blender hanya dapat me-Render (F12) dari
pandangan kamera saja.
Untuk
itu anda harus terbiasa mengatur posisi camera. Pengaturan pandangan camera
tidak seperti 3D studio max atau 3D lainya. Namun menurut penulis cara di
blender lebih mudah ,tepat dan interaktif sehingga hasilnya sesuai harapan
kita. Untuk itu silahkan ikuti beberapa cara berikut ini.
1. Untuk persiapan atur
posisi camera dan objek misal seperti ini.
2.
Tekan Numpad 0 untuk beralih ke modus pandangan camera. Daerah gelap
tidak akan masuk proses render. Saat ini anda tidak bisa mengubah arah dan
posisi camera, tapi dapat mengatur posisi dan transformasi objek – objek yang
terlihat.
Silakan
Render (F12), hasilnya tepat seperti tampilan di camera. Dengan demikian
sangat penting menguasai tampilan pandangan camera.
1. CAMERA VIEW
CARA # 1: DRAG CAMERA
Untuk
mengatur posisi dan arah camera harus di viewport persepective. Tekan Numpad 0 lagi. Aktifkan /klik kanan
camera lalu atur orientation = local.
Drag sumbu camera tersebut agar jauh dari objek. Untuk beralih ke viewport
camera, tean lagi Numpad 0 di
keypad. Cara seperti di 3D studio max
ini akan merepotkan dan sebaiknya di lupakan saja , OK.
CARA # 2: GRAB BATAS
CAMERA
Tekan
Numpad 0 untuk masuk ke tampilan
camera. Aktifkan / klik kanan batas camera sampai berwarna orange.
·
Tekan G (Grab) untuk menggeser tampilan camera.
·
Tekan R (Rotate) untuk memutar camera.
Cara ini agak lebih
baik tetapi, menurut penulis cara ini kurang
efektif karena sulit untuk men-zoom tampilan.
CARA # 3: LOCK CAMERA TO VIEW
Ini cara yang sering
di pakai pengguna blender. Klik menu view > propertis shortcut N .Aktifkan Lock Camera To View.
·
Untuk Zoom cukup Scroll Mouse saja
·
Untuk Orbit camera dengan drag mouse tengah,
·
Untuk menggeser tampilan dengan Shift + Drag Mouse Tengah.
Dengan cara ini anda
dapat bebas melihat objek dari arah manapun. Sebaiknya anda menggunakan cara
ini karena mudah dan hanya menggunakan mouse saja.
CARA
# 4: WALK & FLY NAVIGATION
Kalau anda gamer FPS
(First person shooter)sejati pasti suka cara ini. Klik menu View -> Navigation -> Walk Navigation
atau Shift + F.
·
Untuk berjalan –jalan gunakan tombol W,S,A,D gerakkan mouse untuk
berjalan-jalan mencari pandangan yang sesuka anda. Agar berjalan lebih cepat,
tahan tombol Shift di keyboard / Scroll Mouse.
·
Untuk menjatuhkan camera tekan Tab .
·
Untuk menaikkan camera tekan E, untuk menurunkan camera tekan Q. Agar turun naik lebih cepat, tahan
tombol Shift di keyboard.
Mengasikkan seperti main game ,bukan?
Cara lain dengan Fly
Mode . klik menu view -> navigation
-> fly mode.
Disini anda seakan
berada dalam cockpit helikopter. Dimana camera selalu bergerak dan anda harus
mengendalikan arahnya.
·
Untuk mengendalikan arah gunakan
tombol W,S,A,D gerakkan mouse untuk
mencari pandangan.
·
Untuk mengubah kecepatan / maju mundur
,putar Scroll Mouse.
·
Untuk menaikkan camera tekan Q, untuk
menurunkan camera tekan E.
Namun cara ini
menurut penulis agak repot dibanding dengan Walk Mode karena cmera terlalu liar , kecuali jika anda terbiasa
memainkan game flight simulator.
2. RENDER
CARA RENDER
Setelah
anda menguasai penempatan camera ,maka saatnya merender pekerjaan anda ke
format bitmap (jpg, png dll) agar bisa di pamerkan ke orang lain. Sudut pandang
render selalu mengikuti sudut pandangan
camera. Untuk me-render ada beberapa cara.
Cara pertama:
Klik
menu Render -> Render Image atau
shortcut F12.
Cara ke dua:
Klik
Editor
Scene lalu
klik tombol Render
Cara
tercepat dan sangat di anjurkan
adalah cara pertama dengan shortcut F12.
RESOLUSI
Aktifkan
Editor Scene . secara bawaan /
default luas camera adalah setengah / 50%
resolusi Full HD. Resolusi Full HD adalah 1920 x 1080 pixel, jika setengahnya adalah 960 x 540 pixel. Anda
juga dapat memilih sesuai kebutuhan , baik untuk pertelevisian, bioskop,
widescreen seperti gambar di bawah ini.
RENDER
BORDER
Pada kasus dimana
objek sangat banyak,cahaya rumit dan menggunakan engine Render Cycle yang realistis,maka untuk me-render satu layar penuh
di butuhkan waktu lama lama. Jika untuk mengetahui hasil render pada bagian
tertentu saja sebaiknya bidang render di batasi.
1.
Untuk itu klik menu View -> Render Border (Ctrl + B). Lalu
blok/ seleksi bagian mata seperti gambar kanan
2.
Jika
di- Render (F12) hasilnya
hanya bagian tertentu saja yang tampil. Waktu render lebih cepat bukan?
3.
Lalu bagaimana jika ingin kembali
render satu layar penuh dan border render di buang ? aktifkan Editor Scene lalu
matikan ceklis Border (shortcut Ctrl + Alt + B). Silahkan Render (F12) lagi.
3d Titanium Neck Mens (Thickener) - Tatanium Artworks
BalasHapus3d Titanium Neck Mens (Thickener) titanium spork is titanium cartilage earrings a tittanium necklace made in clay. titanium nipple jewelry Made in babyliss pro nano titanium Solingen.€12.95 · In stock